-->

Manfaat Jeruk untuk Perawatan Kecantikan

Jeruk merupakan pohon dengan buah berdaging yang memiliki ciri khas rasa yang masam dan segar, walaupun ada pula yang rasanya manis. Jeruk termasuk tanaman marga Citrus dari suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Rasa masam pada buah jeruk ditimbulkan oleh senyawa sitrat yang terkandung di dalamnya. Jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk merupakan tanaman pohon kecil sekaligus perdu atau semak besar yang memiliki ketinggian 2—15 m. Kulit buah dan daun jeruk beraroma wangi karena mengandung minyak asiri yang jumlahnya cukup banyak. Jeruk terdiri atas beberapa jenis, sedangkan yang cukup terkenal antara lain jeruk nipis, jeruk keprok, jeruk sukade, jeruk manis, jeruk lemon, dan jeruk purut.

manfaat jeruk

Selain enak dan menyegarkan untuk dikonsumsi, jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk merawat wajah Anda. Jeruk mengandung alpha hydroxyl acid (AHA) alami yang dapat mengencangkan jaringan tubuh sekaligus membersihkan dan mengencangkan kulit. Selain itu, AHA yang terkandung dalam jeruk juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek pada wajah, serta memutihkan kulit. Bahan yang dipakai untuk perawatan herbal adalah jeruk buah yang biasa Anda konsumsi. Nah, berikut beberapa cara yang dapat Anda praktikkan untuk merawat wajah dengan bu.ab jeruk:

a. Menghaluskan Kulit
Untuk mendapatkan manfaat jeruk dalam menghaluskan kulit, celupkan sepotong kapas ke dalam air, lalu peraslah. Setelah itu, tetesilah kapas yang basah tersebut dengan beberapa tetes air buah jeruk. Selanjutnya, oleskanlah pada wajah. Setelah menunggunya hingga kering, bilaslah dengan air dingin.

b. Mengecilkan Pori-pori Kulit
Kini, Anda tidak perlu membuang kulit jeruk. Sebaiknya, manfaatkan kulit jeruk tersebut untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya sangat mudah, yakni potonglah kulit jeruk hingga berukuran kecil, kemudian rendamlah di dalam air hangat selama semalam. Keesokan harinya, gunakan rendaman ini untuk membasuh wajah.

c. Membersihkan Kulit
Ternyata, jeruk pun bisa digunakan untuk membersihkan kulit. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memotong-motong buah jeruk dan membuang bijinya. Selanjutnya, oleskan potongan tersebut secara langsung pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin.

d. Merawat Kulit Berminyak
Untuk merawat jenis kulit berminyak agar tidak tampak mengkilap, Anda juga bisa menggunakan potongan buah jeruk, dengan memasukkannya ke dalam kain tipis. Cara menggunakannya cukup dengan mengusapkannya pada wajah sambil berbaring, kemudian tunggulah hingga agak mengering. Sedangkan, untuk membersihkan sisa-sisa air jeruk, gunakan air hangat. Setelah itu, gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah.

e. Menghaluskan Tangan dan Kaki
Andapunbisamemanfaatkan kulit jeruk untuk menghaluskan kulit tangan dan kaki. Dalam hal ini, kulit jeruk berfungsi sebagai exfoliator kulit mati. Caranya, ambillah kulit jeruk yang masih segar, lalu usapkan pada tangan dan kaki dengan sedikit menekan. Janganlah terlalu keras agar kulit jeruk tidak pecah. Setelah itu, bersihkan hasil gosokan tersebut.

Andapun bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghaluskan kulit tangan dan kaki. Dalam hal ini, kulit jeruk berfungsi sebagai exfoliator kulit mati.

1 komentar:

15 Januari 2015 pukul 11.10 delete

Jeruk banyak manfaatnya ya gan?
kebetulan saya suka dengan buah jeruk... thanks gan informasinya

Reply
avatar