-->

4 Jenis Obat Alami Hidung Tersumbat

Memasuki musim hujan seperti ini berbagai macam penyakit sering menyerang, baik itu pilek maupun flu, meskipun tergolong sebagai jenis penyakit ringan namun tetap saja sangat menggangu rutinitas sehari-hari, apalagi jika sudah mengalami masalah dengan hidung tersumbat, tentunya membuat anda kesulitan untuk bernapas, apalagi jika digunakan untuk tidur, banyak diantaranya yang menggunakan obat alami hidung tersumbat, karena memang jauh lebih aman dan efektif.

Nah ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini, salah satu diantaranya yang paling banyak digunakan masyarakat adalah dengan menghirup minyak angin, bahan yang satu ini mengandung bahan-bahan seperti:

- Menthol,
- Kamper.

Dua bahan ini memang terbukti cukup efektif untuk mengatasi hidung yang tersumbat, cara penggunaannya sendiri juga tergolong cukup mudah, bisa dengan cara mengoleskannya pada daerah di bawah hidung atau dengan langsung menghirupnya, terbukti cukup efektif untuk dapat kembali melancarkan hidung yang mengalami penyumbatan. Selain minyak angin ada beberapa cara alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, diantaranya adalah:

Obat Alami Hidung Tersumbat

- Air panas, caranya cukup mudah anda hanya perlu menghirup uap dari air tersebut, uap tersebut berfungsi untuk melancarkan kembali pernapasan anda, meskipun hanya berlangsung dalam waktu singkat.

- Jangan terlalu keras membuang lendir, lendir yang keluar pada saat anda pilek atau flu tentunya sangat mengganggu tak heran jika banyak yang membuangnya secara kuat, namun hal ini bukan malah menyelesaikan masalah, justru dapat membuat lapisan kulit pada hidung mengalami peradangan, sehingga penyumbatan yang terjadi juga semakin parah.

- Mengompres menggunakan air hangat, cara yang satu ini juga cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat, cukup dengan mengompresnya pada dahi dan tunggu hingga kain mendingin.

- Tidur, pada saat tubuh dalam kondisi yang drop seperti saat ini salah satunya cara untuk meringankannya adalah dengan beristirahat secara cukup.

Sebenarnya masih banyak lagi obat alami hidung tersumbat, namun yang paling tentunya dengan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.